Mencari istilah dasar dalam jaringan



NAMA
KELAS
SEKOLAH
GURU
MAPEL
RELITA SYAHRAIN
XI TKJ 2
SMKN 13 BANDUNG
1.Ibu rita hartati
2.Pak Atep Aulia
AIJ

I.TUJUAN
– Mengetahui definisi dari setiap istilah yang tidak dimengerti sebelumnya.
– Dapat membedakan CSMA/CD dengan CSMA/CA.

II. LANGKAH KERJA/URAIAN MATERI

 

1.Pengertian CSMA/CD



Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection atau sering disingkat menjadi CSMA/CD adalah sebuah metode media access control (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan Ethernet. Dengan metode ini, sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node  tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.

Ethernet adalah protokol klasik CSMA/CD. Setiap interface harus menunggu sampai tidak ada sinyal pada channel, kemudian baru memulai transmisi. Jika beberapa interace men-transmisikan maka akan ada sinyal pada channel(carrier). Semua interface yang lain harus menunggu sampai carrier berhenti sebelum mencoba untuk men-transmisikan(carrier sense). Semua interface ethernet memiliki kemampuan dan hak yang sama untuk mengirim frame ke jaringan(network), demokrasi berlaku di sini(multiple access). Karena sinyal membutuhkan waktu terbatas untuk berjalan dari akhir suatu sistem ethernet ke yang lain, bit-bit pertama dari frame yang ditransmisi tidak mencapai semua bagian dari network secara simultan. Oleh karena itu ada kemungkinan bagi dua interface untuk mendeteksi bahwa network sedang menganggur(idle).Ketika hal ini terjadi, sistem ethernet memiliki cara untuk mendeteksi tabrakan sinyal dan menghentikan transmisi dan mengirim kembali sinyal(collision detection).


Daftar pustaka: 


2. Pengertian Bottleneck

Bottleneck bila diartikan secara bebas adalah "leher botol". Jika diartikan secara 'kasar', artinya adalah penyempitan jalur. Lihat saja leher botol, selalu menyempit daripada badannya. Perumpamaan ini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Tidak dalam dunia yang berhubungan dengan komputer saja yang memakai istilah bottleneck. Dunia pergitaran juga. Ketika diterapkan dalam lalu lintas, bottleneck adalah penyempitan lebar jalan dari kondisi lebar jalan yang normal di salah satu titik/ ruas jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan atau perlambatan arus lalu lintas. Sebagai contoh misal hanya 1 pintu jalan tol yang terbuka saat arus mudik berlangsung, atau saat kita melewati pasar tumpah saat mudik.

Bottleneck pada hardware

 

Tidak ada yang menginginkan terjadinya bottleneck. Namun kondisi ini bisa terjadi pada seluruh komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah kompter itu bekerja secara optimal. Bagaimana tidak ? Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang katakanlah bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Contoh Bottleneck
  1. Misal sebuah PC Processor-nya bagus, cepet, merek baru. Tapi VGA-nya masih rendah. Jadi dari segi performa tidak bisa maksimal, apalagi buat main game hahaha..
  2. Sebuah PC mempunyai Proc bagus dan VGA bagus, Tapi RAM dan Motherboardnya masih rendah. Akibatnya RAM dan Motherboardnya tidak dapat menampung kecepatan dari Proc dan VGA dan menjadi Bottleneck.        Daftar pusaka http://thom-sharing.blogspot.co.id



3. PENGERTIAN TENTANG FLOODING




Apakah flooding itu?,
Flooding dalam lingkup jaringan Komputer adalah sebuah situasi dimana terdapat ip yang membuat jalur bandwidth yang kita miliki terbanjiri atau penuh sehingga proses pengiriman field atau data menjadi sangat terganggu dan sering kita bilang dengan “Lemot”. Ketika kita berinternet,, internet yang kita akses akan sangat terasa lambatnya dan membuat kita seringkali kesal. koneksipun sering putus-putus dan bahkan time out (putus sama sekali).


Biasanya untuk melihat apakah kita mendapati masalah flooding itu sedang terjadi pada jaringan kita atau tidak. Cara tersimple adalah dengan melihat Led pada Ethernet port yang terdapat pada PC/Hub/Router yang kita miliki. apabila setelah di sambungkan dengan kabel Led tersebut menyala-redup (nge-blink) dengan cepat, besar kemungkinan memang sedang terdapat flooding pada koneksi di port tersebut. Solusi untuk lebih meyakinkan, apakah sumber flooding dari port tersebut atau bukan, kita buka MRTG (grafik traffic bandwidth), kita lihat traffic pada jaringan yang kita miliki. setelah termonitoring , kita coba lepas / cabut RJ45 pada port yang sebelumnya kita curigai terjangkit flooding. Sambil kita lihat pada MRTG, apabila setelah di cabut kondisi bandwidth pada jaringah kita normal kembali, berarti mamang sumber flooding dari port tersebut.

  
Daftar pusaka  http://pocalypse.blogspot.co.id

4. Pengertian Throughtput

Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. Bagaimana cara mengukur bandwidth? dan Bagaimana hubungannya dengan throughput?

Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu.

Jika misalnya bandwidth anda yang anda tahu adalah 64 kbps, kemudian anda ingin mendownload file di Internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64), namun yang terjadi sebenarnya file tersebut tiba dalam waktu 8 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya atau yang disebut throughtput adalah 128kb/8 detik = 16 kbps.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth dan Throughput :
  • Piranti jaringan.
  • Tipe data yang ditransfer.
  • Topologi jaringan.
  • Banyaknya pengguna jaringan.
  • Spesifikasi komputer client/user.
  • Spesifikasi komputer server.
  • Induksi listrik dan cuaca.                                                                                                                                                                                                                                                                           Daftar pusaka  http://mata-cyber.blogspot.co.id                                                       

5. Broadcasting 

Pengertian Broadcasting :
Broadcasting (dalam bahasa Indonesia adalah Kepenyiaran) yakni proses menyampaikan siaran melalui perangkat elektronika yang dinamakan Pemancar atau Transmitter untuk kemudian diterima oleh Si Penerima Siaran melalui alat penerima siaran yang disebut Receiver.

Daftar pusaka  http://manpras.blogspot.co.id


Komentar

Postingan Populer